Cara Melacak HP yang Hilang dengan IMEI
8 Cara Melacak Nomor Hp Hilang dengan Google Maps, Mudah Kok!

Semua orang pasti tidak ingin kehilangan hpnya. Karena sekarang ini hp merupakan barang yang sangat penting untuk dimiliki hamper setiap orang. Kalau kamu kehilangan hp, kamu bisa melacaknya melalui nomor IMEI dari hp kamu. MEI merupakan sebuah kode unik yang akan dimiliki oleh setiap hp. Mudahnya, IMEI merupakan akta kelahiran dari sebuah hp. Tidak sedikit pengguna ponsel mengabaikan nomor identitas ponsel atau International Mobile Equipment Identity ( IMEI). Padahal, deretan nomor IMEI yang bisanya terdiri dari 15 hingga 16 digit, bisa membantu melacak hp yang hilang.

Nomor tersebut biasanya ada di bodi perangkat bagian dalam, seperti baterai. IMEI juga bisa dicek melalui menu “about device” (tentang perangkat) di ponsel atau bisa pula dengan mengetik kombinasi nomor *#06#. Tapi, bagaimana jadinya jika ponsel kita hilang dan belum sempat mencatat nomor IMEI Khusus untuk ponsel Android, Google telah melakukan pembaruan aplikasi “Find My Device” untuk bisa melacak nomor IMEI di hp yang hilang.

Klik tombol ikon yang berlingkar merah untuk menampilkan nomor IMEI perangkat Android melalui aplikasi Find my Device. Dalam pembaruan versi 2.2, pengguna smartphone Android dapat melacak nomor IMEI ponselnya, lengkap dengan tanggal pendaftaran IMEI dan kapan terakhir dilihat. Setelah melakukan pembaruan aplikasi “Find My Device” di Play Store, ketuk ikon “i” yang merujuk pada informasi perangkat. Di dalamnya akan terpampang jenis perangkat dan nomor IMEI, serta pendaftaran pertamanya. Tapi kamu harus ingat agar smartphone bisa terlacak, GPS dan koneksi internet dalam keadaan aktif serta perangkat tidak dalam keadaan mati. Berikut cara melacak hp yang hilang dengan IMEI

  • Cari Tahu Nomor IMEI

Agar dapat melacak hp dengan cara satu ini, kamu tentu harus mengetahui berapa nomor IMEI dari hp yang hilang. Nomor IMEI bisa kamu cek dengan beberapa cara, yaitu dengan membuka menu “About Device” atau mengetikkan nomor *#06#* pada dial.

  • Membuat Surat Keterangan Hilang

Setelah tahu nomor IMEI, kemudian kamu harus mengunjungi pihak berwajib. Mintalah surat keterangan barang hilang dan isi informasi mengenai kehilangan secara detail. Dtanglah ke kantor kepolisian di mana sesuai dengan lokasi hilangnya hp kamu. Simpan surat kehilangan tersebut untuk melakukan pelacakan hp hilang.

  • Hubungi Call Center Operator

Langkah berikutnya yaitu kamu dapat meminta operator seluler melacak hp yang hilang. Menghubungi call center operator hp bisa kamu lakukan dengan dua cara, yaitu menghubungi melalui panggilan telepon atau secara langsung mengunjungi gerai operator. Kalau memang rumah kamu berada tidak jauh dari gerai operator, akan lebih baik jika kamu mengunjungi kantor cabangnya secara langsung.

  • Informasikan Nomor IMEI pada Call Center

Ketika menghubungi call center operator, kamu harus menginformasikan berapa nomor IMEI dari hp yang hilang. Kalau mengetahui nomor IMEI hp kamu, pihak operator akan langsung mencari tahu di mana keberadaan hp kamu yang hilang. Tapi kamu harus tahu, cara melacak menggunakan IMEI hanya bisa dilakukan jika hp kamu mengaktifkan GPS dan masih terkoneksi dengan jaringan internet. Ketika hp yang hilang dalam kondisi mati atau kartu SIM terlepas, kamu tidak bisa melakukan pelacak dengan cara yang satu ini. Meski terkesan sedikit ribet dan membutuhkan waktu, namun proses pelacakan hp hilang menggunakan IMEI ini terbilang lebih aman. Sehingga tidak ada salahnya jika kamu mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *