Review Cara & Bunga Pinjaman Jumbo Kredivo vs JULO Cicil

https://lh4.googleusercontent.com/UUifYb80pq096MLl0vMq5IMuUU_u90zNcbgIdFqEsOW2WyG0thkZBwj_93Vrx6tLz6MKGs3sAWTFcA9LLWVNiyRcKm87EBuzFQW3IOMoO66ZGNtsXK6bx9OlazmXmFxvaTWY3AH9

Sebelum pake aplikasi pinjaman uang online, saya sangat nyaranin temen-temen semua buat bandingin dulu antara aplikasi yang satu dengan aplikasi lain karena manfaatnya banyak banget. Pertama, kita jadi tahu kisaran suku bunga fintech di pasaran. Kedua, kita bisa nemu aplikasi pinjaman uang online yang paling cocok buat kebutuhan dan kantong kita, terutama dalam hal limit pinjaman dan suku bunganya. Ketiga, kita bisa waspada dan cek juga apakah fintech yang kita pilih sudah terdaftar di OJK atau belum Ini paling penting! 

Kayak saya yang nemu dua aplikasi pinjaman uang online/fintech yang cukup oke di pasaran saat ini: Kredivo dan JULO. Kalau nggak riset atau banding-bandingin dulu, mungkin saya bisa telanjur make aplikasi pinjaman uang online yang ilegal atau yang suku bunganya nggak pas buat saya. Bukan tanpa alasan, saya bilang Kredivo dan JULO termasuk fintech/aplikasi pinjaman uang online yang oke. Sebab, ada tiga poin yang saya bandingkan dari Kredivo dan JULO dalam hal produk pinjaman yang ditawarkannya, yaitu:

Kredivo vs JULO: Fitur Pinjaman Jumbo dan JULO Cicil

Dua layanan pinjaman yang buat saya menarik dan mau bandingkan di sini dari Kredivo dan Julo adalah Pinjaman Jumbo dan JULO Cicil. Sebagai informasi, pinjaman jumbo adalah salah satu produk pinjaman yang dimiliki Kredivo, begitupun JULO Cicil adalah salah satu produk pinjaman unggulan yang ada di JULO. Kenapa menarik? Utamanya karena dua produk pinjaman ini punya limit yang cukup besar. 

Di Kredivo, user yang sudah terdaftar akan diberikan limit kredit di awal secara langsung yang jumlahnya maksimal bisa sampai Rp 30 juta. Nah, pinjaman jumbo adalah salah satu fitur di aplikasi Kredivo yang berfungsi untuk mencairkan limit tersebut dalam bentuk pinjaman tunai. Untuk pinjaman jumbo, pengajuan pinjaman berlaku mulai dari Rp 1 juta ke atas dan maksimal sampai sejumlah limit kredit yang kita punya untuk tenor 6 bulan. Sebab, di Kredivo, pinjaman jumbo diberikan dua opsi tenor yaitu 3 bulan dan 6 bulan. 

Di JULO, tidak menggunakan model limit nontunai seperti Kredivo. Untuk pengajuan pinjaman, kita bisa langsung daftar sekaligus mengajukan pinjaman yang dibutuhkan. Nah, untuk JULO Cicil, limit pinjaman yang bisa diajukan berkisar mulai Rp 1 juta sampai Rp 8 juta dengan pilihan tenor 2 bulan sampai 6 bulan. 

Pinjaman Jumbo di Kredivo dan JULO Cicil bisa dibilang cukup mirip. Bedanya, di Kredivo, limit maksimal untuk Pinjaman Jumbo bisa lebih besar tergantung limit yang dimiliki masing-masing pengguna, khususnya untuk tenor 6 bulan. Di akun Kredivo saya misalnya, limit 6 bulan tersedia sebesar Rp 10 jutaan. Mungkin limit saya akan beda dengan kalian yang sudah punya akun Kredivo atau baru daftar. Bisa jadi lebih besar atau lebih kecil tergantung total limit keseluruhan yang diberikan Kredivo. 

Kredivo vs JULO: Suku Bunga Per Bulan

Hal menarik kedua dari Kredivo dan JULO menurut saya adalah tingkat suku bunganya yang bulanan. Sebab, rata-rata fintech atau aplikasi pinjaman uang online saat ini mematok tingkat suku bunga harian maksimal s.d 0,8% per hari. Bukan cuma per bulan, suku bunga Kredivo dan JULO bisa dibilang cukup terjangkau juga. Kredivo punya tingkat suku bunga 2,6% untuk semua tipe pinjaman dan cicilan, sedangkan JULO Cicil, punya tingkat suku bunga 3% – 6%. Dari perbandingan tersebut, terlihat kalau suku bunga Kredivo lebih rendah daripada JULO. 

Kredivo vs JULO: Syarat Daftar dan Pengajuan Pinjaman

Jika kamu pengguna Android, kamu bisa daftar Kredivo atau JULO lewat Google Play Store. Sementara jika kamu pengguna iOS, kamu hanya bisa daftar Kredivo sebab JULO belum memiliki aplikasi di App Store. Selain itu, ada syarat yang harus dipenuhi dulu sebelum daftar Kredivo atau JULO. Berikut ini 3 syarat utama daftar akun Kredivo: 

  1. Pendaftar berstatus sebagai WNI yang berusia 18 – 60 tahun. 
  2. Memiliki penghasilan tetap minimal Rp 3 juta sebulan. 
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. 

Berikut ini 3 syarat untuk daftar akun dan ajukan pinjaman di JULO: 

  1. Pendaftar berstatus sebagai WNI yang berusia 21 – 60 tahun. 
  2. Berpenghasilan minimal Rp 1,7 juta per bulan. 
  3. Berdomisili di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Dari syarat daftar, terlihat perbedaannya kalau minimum usia pengajuan Kredivo lebih longgar rentangnya dibanding JULO. Dari sisi penghasilan minimum, JULO lebih unggul karena syaratnya lebih rendah dibanding Kredivo. Begitu pula dari sisi wilayah jangkauan. 

Antara Pinjaman Jumbo Kredivo dan JULO Cicil, Mana yang Saya Gunakan?

Berhubung yang paling penting buat saya adalah kisaran suku bunga supaya angsurannya nggak gede-gede amat, saya pilih Kredivo sebagai aplikasi pinjaman uang online. Selain itu, syarat utama untuk daftar akun Kredivo juga cocok dengan saya. Baik dari segi usia, minimum penghasilan, sampai domisili. Tips dari saya, kalau kalian butuh pinjam uang di aplikasi fintech kayak Kredivo dan JULO, sebaiknya pastikan syarat yang diminta benar-benar terpenuhi supaya potensi persetujuannya besar. 

Dana yang saya pinjam di fitur pinjaman jumbo Kredivo cuma Rp 2 jutaan. Saya pilih tenor 6 bulan supaya nyicilnya bisa lebih santai, hehe. Angsuran pinjaman yang harus saya bayar per bulannya sebesar Rp385.340 selama 6 bulan. Kalau ditotal keseluruhan menjadi Rp2.312.040. Selain bunga, nggak ada biaya tambahan lain-lain yang dibebankan Kredivo. Hanya ada biaya admin 6% dari total pinjaman yang dipotong di awal. Overall, buat saya pinjam uang di Kredivo cukup membantu, mudah, dan cepat karena proses pencairannya cuma sekitar 1 harian! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *